Visi FIPS Blitar adalah Menjadi fakultas yang unggul dan kompeten dalam bidang kependidikan dan pengembangan inovasi pembelajaran yang berpedoman kepada aqidah Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah pada tahun 2030 di Tingkat Nasional.
Misi FIPS Blitar
- Melakukan penyelenggaraan tata pamong yang baik untuk mendukung pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran inovatif dalam bidang pendidikan dasar, pendidikan olahraga, pendidikan Bahasa Indonesia, dan pendidikan Bahasa Inggris dengan berpedoman kepada aqidah Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah An- Nahdliyah.
- Menyelenggarakan penelitian pada bidang pengajaran dan inovasi pembelajaran untuk menguatkan dan mengembangkan pelaksanaan pendidikan serta mempublikasikannya dalam forum ilmiah dan jurnal ilmiah tingkat lokal, nasional, dan internasional.
- Menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat melalui pemberian layanan profesional bidang kependidikan kepada masyarakat dan pihak lain yang membutuhkan untuk memperkuat kapasitas dan kinerja fakultas.
- Menyelenggarakan kerjasama kelembagaan dengan instansi baik dari dalam maupun luar negeri untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.
- Melakukan pembinaan kemahasiswaan untuk menjaga pelaksanaan akademik dan profesional
Tujuan
- Menghasilkan layanan yang baik dalam bidang akademik dan umum demi terlaksananya tri dharma perguruan tinggi di bidang pengajaran dan pembelajaran
- Menghasilkan lulusan pada berbagai jenjang dan jenis pendidikan yang memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menunjang profesinya dengan berpedoman kepada aqidah Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah An- Nahdliyah.
- Menghasilkan inovasi dalam bidang pengajaran dan pembelajaran yang memperkuat dan mengembangkan mutu pendidikan.
- Mengabdikan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya untuk kepentingan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat.
- Menghasilkan kerjasama dalam upaya pemberdayaan dan peningkatan kualitas pendidikan serta kapasitas daerah.
- Menghasilkan fasilitas dan layanan program kependidikan dan non-kependidikan.